Cerpen Cinta Yang Berakhir Sedih


            Pada suatu hari di sebuah gubuk kecil didesa ada seorang pemuda bertanya pada langit yang begitu cerah di iringi suara burung bernyanyi nyanyi,, dia bertanya tentang apa itu arti “cinta”,,tentang apa itu cinta.
langit hanya diam tak pernah memberi seberkas jawaban, pemuda itu lalu tersenyum dan berkata “betapa bodohnya aku yang bicara pada langit yang memang diciptakan tidak bisa bicara”, beberapa menit kemudian tiba – tiba langit berubah menjadi gelap disertai gemuruh petir yang menyambar, dan disaat yang sama air hujan turun dan membasahi gubuk kecil serta dedauan disekitarnya lalu menetes ke tanah yang tadinya  kering keronta.
             Walau terlihat terdiam tapi pemuda itu berkata di dalam hatinya “mengapa langit yang tadinya cerah dan tak berkabut tiba-tiba jadi mendung dan hujan?apa langit memberi jawaban atas apa yang aku tanyakan tentang arti cinta atau sekedar memberi pertanda?”,,, pemuda itu mulai bosan dan berbaring di gubuk kecil..
Detikpun berganti menit . . . . hari sudah mulai gelap hanya terlihat sang mentari yang mulai terbenam,, ,malampun tiba tapi hati pemuda itu masih saja gundah memikirkan apa itu “cinta”, namun tetap saja tak pernah dia temui jawaban yang dia pikirkan, mungkin hatinya terlalu bahagia karena mengenal sosok gadis telah di nanti, seorang gadis yang selalu membagi kebahagiaan padanya, ucapan sayang dari gadis itu seolah memberi jawaban yang selama dia cari,,,,,bahagia,,,, bahagia yang di anugrahkan padanya oleh sang Pencipta, yaa,,,, itulah “cinta”adalah anugrah Tuhan untuk kita agar merasakan bahagia.
Lambat laun mulai tampak ada perubahan, waktu seakan iri pada pemuda itu, dunia seperti tak mengijinkan dia bahagia, sosok gadis yang selama ini dia banggakan, yang dia sayang, yang dia cinta dan selalu dirinduinya mulai berubah dan menjauhinya, tapi pemuda itu tak pernah berfikir gadis yang menjadi malaikat hidupnya kan pergi meninggalkannya, karena pemuda itu yakin dan percaya gadis itu kan bisa menjaga hati yang telah dipercayakan padanya,,
             Namun semakin lama gadis itu mulai benar-benar menjauh seolah jenuh pada pemuda itu, hingga pemuda itu sadar kini seorang gadis pujaannya benar-benarmeninggalkannya, canda tawa diantara dua insan itu sudah tak pernah lagi mengiringi harinya,perhatian atau kata rindunya sudah tak pernah terdengar lagi di rongga pemuda itu, dan kini hanya kesendirian dan kesedihan yang menyelimuti harinya,
Pemuda itu tak pernah percaya semua itu tlah terjadi, smua masih terasa mimpi yang kata orang hanya sebatas bunga tidur yang jauh dari kenyataan, dia masih merasakan gadis itu masih ada disampingnya,seperti terlelap dalam pangkuannya, senyumnya masih terlihat jelas dimata hatinya, suaranya yang lembut masih saja terdengar perlahan memasuki rongga telinga dan menuju hatinya yang selalu berkata “aku merindukanmu”,,,,....
tapi walau bagai manapun itu hanyalah sebatas ilusi yang dia buat sendiri karena tak pernah rela gadis itu menjauh dari kehidupannya, pemuda itu takkan bisa memungkiri bahwa pujaan hatinya telah benar-benar pergi dari taman cinta yang telah dia jaga untuk seorang gadis yang paling dia sayang, dan memang taman cinta itu dia hadirkan untuk gadis pujaannya,, bukanlah gadis lain.
              Tak terasa malam mulai menyelimuti harinya lagi, mulai membawa kesunyian yang menambah luka di harinya yang kini sendiri, setetes air mata tanpa dia sadari tlah jatuh dari pipi yang mulanya kering menjadi basah dan semakin basah membanjiri hati yang luka penuh dengan rasa rindu bercampur murka, layaknya seorang pria tangguh yang tak pernah membuang air mata sepertinya dia ingin menahan derasnya air mata yang terjatuh agar tak keluar dan membasahi di langit pipi, tapi semakin pemuda itu mencoba menahan tetes air mata  semakin deras pula air mata yang mengalir dari matanya yang terlihat memerah dan melebam.
inikah sosok pria yang sebenarnya ??terlihat kuat dan tegar disetiap mengatasi masalah dan mampu menahan sakit fisik yang diderita, tapi jauh di lubuk hati juga tersimpan sebuah perasaan,sebuah cinta,dan sebuah luka,,,,, pemuda itu semakin lemah tak berdaya dan dia mulai tersadar bahwa gadis yang selama ini dia cinta tlah memberi keputusan yang katanya terbaik buat mereka berdua,keputusann tentang perpisahan,keangkuhan dan kesedihan yang selama ini tak pernah ia inginkan dalam hidupnya, karena pemuda itu sangat menyayangi gadis yang dia dambakan dalam hatinya.
               Dia mulai tersadar.......dengan apa yang dia tanyakan pada langit di masa lalu itu,, tentang “arti cinta” ,,,,tentang  “apa itu cinta".
yang awalnya langit terlihat cerah dan begitu indah di mata lalu berubah menjadi mendung dan gemuruh diawan dan menjatuhkan air hujan begitu deras,,, Cinta terasa indah diawal pertemuan, begitu bahagia yang terasa,, namun perlahan semua keindahan itu memberi luka yang membuatnya tak berdaya, luka yang memaksanya tuk meneteskan air mata,,,seperti  halnya sepotong lilin diruang yang gelap memberi sinarnya, namun setelah batas lilin itu mati ruang yang tadinya gelap tetap saja kan menjadi gelap,,, sangat gelap,,,,

Oleh : Basir Hariyanto

0 Response to "Cerpen Cinta Yang Berakhir Sedih"